Thursday, October 17, 2013

Tahukah kamu lamanya penyinaran mempengaruhi pertumbuhan bunga pada tanaman



Tahukah kamu lamanya penyinaran mempengaruhi pertumbuhan bunga pada tanaman?
Tumbuhan membutuhkan cahaya. Banyaknya cahaya yang dibutuhkan tidak selalu sama pada setiap tumbuhan, bahkan cahaya dapat menghambat pertumbuhan tinggi tumbuhan (baca : Tumbuhan yang sering terkena sinar matahari lebih pendek daripada yang tidak terkena sinar matahari ).
Cahaya juga merangsang pertumbuhan tumbuhan tertentu. Ada tumbuhan yang dapat berbunga pada hari pendek (lamanya penyinaran matahari lebih pendek dari waktu gelapnya). Ada pula tumbuhan yang berbunga pada hari panjang (lamanya penyinaran lebih pendek dari waktu gelapnya).
Respons tumbuhan terhadap lamanya penyinaran dan intesitas cahaya disebut fotoperiodisme.
Fotoperiodisme dikendalikan oleh hormone fitokrom dalam tumbuhan.
Fitokrom sendiri adalah protein dengan kromatofora yang mirip fikasianim. Fitokrom mempunyai dua macam struktur yang reversible, yaitu yang dapat mengabsorpsi cahaya merah (660 nm) disingkat Pr dan yang dapat mengabsorpsi cahaya merah jauh, far red  (730 nm) disingkat Pfr.
Selain berpengaruh terhadap pembungaan, fitokrom berpengaruh terhadap etiolasi (baca : Etiolasi ), pemanjangan batang, pelebaran daun, dan perkecambahan.
Berdasarkan lama dan intensitas penyinaran, tumbuhan dikelompokan sebagai berikut :
1.       Tumbuhan hari pendek, tumbuhan yang akan berbunga jika penyinaran matahari kurang dari 12 jam (lamanya penyinaran matahari lebih pendek dari waktu gelapnya). Contohnya stroberi, dahlia, aster, krisan, dan ubi jalar.
2.       Tumbuhan hari sedang, tumbuhan yang akan berbunga jika mendapatkan penyinaran matahari  sekitar 12 jam. Contohnya tebu, kacang, dll.
3.       Tumbuhan hari panjang, tumbuhan yang akan berbunga jika penyinaran matahari lebih dari 12 jam atau berkisar 14-16 jam (lamanya penyinaran lebih pendek dari waktu gelapnya). Contohnya bayam, selada, gandum, kentang, lobak, dan kol.
4.       Tumbuhan netral, tumbuhan yang pembungaannya tidak dipengaruhi oleh periode lama-pendeknya penyinaran matahari. Contoh mawar, bunga matahari, tomat, kapas, dll.

1 comment:

  1. Bagus materinya,informatif,tetapi jika ditambah gambar akan lebih bagus :)

    ReplyDelete