Friday, April 1, 2016

Ada Universitas Baru di Karawang Nih [UBP KARAWANG]


Gedung Universitas Buana Perjuangan (UBP Karawang)

Universitas Buana Perjuangan atau di singat (UBP) adalah salah satu universitas baru yang telah berdiri di Karawang yang baru berdiri tahun 2015 kemarin.Pasca alih status Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA) menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Yayasan Pembina Perguruan Tinggi Pangkal Perjuangan (YPPTPP) yang dulu menaungi UNSIKA, kemudian menjadi Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Universitas Buana Perjuangan-UBP KARAWANG. Mungkin kalau boleh saya bilang YPPTPP mendirikan kembali sebuah universitas baru yaitu UBP Karawang pasca UNSIKA (yang dulu di kelolanya) beralih status menjadi PTN. Tentunya kehadiran UBP Karawang ini di sambut baik, karena akhirnya ada universitas pilihan lain selain UNSIKA di Karawang.

Tanda Peresmian Universitas Buana Perjuangan (UBP Karawang)

UBP Karawang mendapat izin pendirian dengan SK Kemendikbud RI No. 611/E/O/2014. Tanggal 17 oktober tahun 2015 dengan izin Pendirian Universitas Buana Perjuangan Karawang dengan 10 program studi. YPPTPP berinisiatif mengajukan pendirian UBP Karawang adalah untuk memenuhi kebutuhan peningkatan Sumber daya Manusia (SDM) masyarakat karawang dan sekitarnya. Potensi Karawang menjadi kota yang lebih maju dan sejahterah melalui pertanian dan industri (kawasan industri besar) telah menjadi daya tarik bagi masyarakat  tenaga kerja dan pengusaha secara nasional maupun internasional.


Seperti telah di sebutkan di atas, untuk saat ini setidaknya UBP Karawang memiliki tiga fakultas, diantaranya Fakultas Bisnis dan Ilmu Sosial UBP Karawang; Fakultas Keguuruan dan Ilmu Pendidikan UBP Karawang; Fakultas Teknologi dan Ilmu Komputer UBP Karawang.
Dan untuk program studia Ada 10 Program Studi yang diselenggarakan Universitas Buana Perjuangan Karawang (UBP Karawang), yaitu diantara lain:

Di bawah Fakultas Bisnis dan Ilmu Sosial UBP Karawang:
1. Manajemen – S1
2. Akuntansi – S1
3. Psikologi – S1
4. Ilmu Hukum – S1

Di bawah Fakultas Keguuruan dan Ilmu Pendidikan UBP Karawang:
5. Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) – S1
6. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) – S1

Di bawah Fakultas Teknologi dan Ilmu Komputer UBP Karawang:
7. Farmasi – S1
8. Teknik Industri – S1
9. Teknik Informatika – S1
10. Sistem Informatika –S1

Karena Universitas Buana Perjuangan (UBP Karawang) ini baru lahir, maka ia masih dalam masa pembangunannya.  Dengan segala daya ia mencoba untuk menjadi universitas yang berkompeten khususnya di daerah Karawang. Menyediakan pilihan lain untuk melanjutkan pendidikan tinggi bagi generasi dan masyarakat Karawang serta penerus bangsa.

Karena Universitas Negeri Singaperbangsa Karawang sudah beralih status dari PTS menjadi PTN maka otomatis ia berada dalam lingkungang dan naungan kemendekbud/dikti (pemerintah), ini seharusnya sudah menempati lingkungan (kampus)  baru sesuai ketentuan PTN.
Akan tetapi, seperti telah disebutkan, karena UNSIKA juga baru menjadi PTN, walaupun area tanahnya sudah ada (dissediakan) di daerah Karawang Timur, tetapi terlihat masih belum di-‘apa-apa’-kan.
Jadi kita bisa lihat UBP dan Unsika masih berbagi gedung dan fasilitas.

Tentunya kehadiran Universitas Buana Perjuangan (UBP Karawang) ini di sambut baik, karena akhirnya ada universitas pilihan lain selain UNSIKA di Karawang. Khususnya bagi masyarakat Karawang yang ingin melanjutkan pendidikan lebih tinggi di kota sendiri. Apalagi setelah pe-negerian UNSIKA yang mana seleksi masuknya akan menjadi lebih sulit lagi, ditambah setelah menjadi PTN biasanya ada persyaratan usia tertentu. UBP lahir menjadi alternatif dan pilihan bagi masyarakat karawang.
untuk info lebih lanjut bisa dilihat brousur penerimaan mahasiswa baru di bawah ini, dan website resmi disini

Brosur Universitas Buana Perjuangan Karawang (UBP Karawang) 1

Brosur Universitas Buana Perjuangan Karawang (UBP Karawang) 1
 
Saya harap, kedepannya baik UNSIKA, UBP maupun berbagai Politeknik, Sekolah Tinggi dan Perguruan Tinggi lainnya di daerah Karawang, dapat semakin maju dan berkembang. Sehingga menjadikan kota Karawang dan Indonesia lebih baik.
Khususnya untuk UBP, angkatan pertama pada tahun 2015 kemarin merupakan sejarah awal kampus ini. Semoga kampus baru ini dapat membawa angin segar  dan perubahan yang lebih baik khususnya kepada masyarakat Karawang.




6 comments: