Tuesday, May 6, 2014

Apa Itu Pameran Seni, Bentuk dan Manfaatnya?

Pameran Seni merupakan kegiatan seseorang atau kelompok dalam upaya mempertunjukan suatu hasil karya atau produknya (berupa barang) kepada orang lain dan atau kepada masyarakat umum secara terorganisir. Pameran digunakan untuk menampilkan karya seni rupa, sedangkan penampilan karya seni musik, karya seni tari dan karya seni teater/drama biasanya disebut pagelaran.


Lukisan Abstrak Karya Dario  Campanile

Pameran seni dapat diartikan juga sebagai suatu kegiatan penyajian karya seni rupa untukdikomunikasikan sehingga dapat diapresiasi oleh masyarakat luas
Pameran Seni Rupa biasanya mempertontonkan hasil karya Seni Rupa kepada orang lain untuk mendapatkan tanggapan atau penilaian. Seseorang yang telah selesai menciptakan sebuah karya seni menginginkan pengakuan orang lain (apresiator) bahwa karya yang dihasilkan tersebut merupakan sebuah karya seni. Salah satu tempat untuk mempertontonkan hasl karya tersebut adalah kegiatan pameran.
Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa pameran merupakan suatu tempat untuk mempertontonkan suatu kaarya seni yang bertujuan mengkomunikasikan hasil karya tersebut kepada orang lain. Pameran hasil karya seni rupa yang dilaksanakan oleh siswa atau sekolah pada setiap akhir semester selain bertujuan untuk mengadakan kompetisi juga sebagai sarana latihan apresiasi. Dan dalam melaksanakan kegiatan pameran harus mengacu  pada pedoman pelaksanaan pameran diantaranya adalah melakukan perencanaan, pengelolaan, pelaksanaan dan pengawasan.
Pameran juga dapat merupakan suatu bentuk bisnis dan usaha. Yang mana mempertemukan antara produsen dan pembelidalam suatu tempat dan waktu tertentu, karena itu pameran biasa juga dijadikan sebagai kegiatan  ajang promosi yang dilakukan oleh suatu produsen, kelompok, organisasi, perkumpulan tertentu dalam bentuk menampilkan display produk kepada calon relasi atau pembeli. Adapun macam pameran itu adalah : show, exhibition, expo, pekan raya, fair, bazaar, pasar murah.
Bentuk Pameran Seni.
A.      Pameran tunggal
Mempertunjukan karya seni terbaik seseorang pada suatu waktu dan tempat tertentu.
B.      Pameran bersama
Kegiatan mempertunjukan karya seni beberapa seniman pada waktu dan tempat tertentu. Dillakukan secara bersama dengan cara mengumpulkan beberapa karya dari beberapa seniman, kemudian ditampilkan secara bersama.
Jenis-jenis Pameran.
A.      Pameran Tetap (Permanent Exhibition)
Pameran yang menyajikan karya-karya koleksi Galeri Nasional Indonesia secara periodik yang ditata berdasarkan konsep kuratorial dan diselenggarakan oleh Galeri Nasional Indonesia. Waktu penyelenggraan Pameran Tetap berlangsung minimal 1 kali dalam satu tahun
B.      Pameran Temporer (Temporary Exhibition)
Pameran tunggal atau pameran bersama yang menyajikan karya-karya seni rupa dalam jangka waktu tertentu yang diselenggarakan oleh Galeri Nasional Indonesia atau kerjasama dengan pihak lain. Waktu penyelenggaraan Pameran Temporer berlangsung minimal selama 10 hari, maksimal berlangsung selama 30 hari.
C.      Pameran Keliling (Traveling Exhibition)
Pameran yang menyajikan karya-karya koleksi Galeri Nasional Indonesia maupun karya di luar koleksi Galeri Nasional Indonesia ke berbagai daerah di Indonesia dan atau di luar negeri yang diselenggarakan oleh Galeri Nasional Indonesia atau kerjasama dengan pihak lain. Waktu penyelenggaraan Pameran Keliling minimal berlangsung selama 10 hari.
Fungsi dan Manfaat Pameran Seni.
Pameran merupakan tolok ukur terhadap kemampuan seniman dalam berkreasi, berproduksi, dan berinovasi dalam mewujudkan karya-karyanya. Adapun fungsi atau manfaat dari sebuah pameran adalah sebagai berikut
·         Sebagai sarana pembelajaran untuk menanamkan kesadaran akan nilai-nilai keindahan pada karya seni.
·         Sebagai sarana rekreasi dan hiburan. Dengan melihat pameran akan timbul rasa senang, segar, dan fun serta dapat menghilangkan kejenuhan dan ketegangan batin dan fisik.
·         Sebagai sarana pencapaian prestasi. Merupakan ajang berprestasi dan berkompetensi timbul pemikiran untuk berkarya yang lebih baik dari sebelumnya.
·         Sebagai sarana apresiasi. Dengan melihat pameran seni maka akan muncul berbagai tan

ggapan baik itu berupa kritik, saran, penilaian, penghargaan, atau bahkan cacian dan hujatan atas ketidakpuasan pengunjung terhadap karya seni yang ditampilkan dalam pameran seni. Tentunya berbagai tanggapan ini membuat para seniman lebih berbuat kreatif lagi dalam berkarya dan berolah seni.

1 comment:

  1. Akhirnya ada yang sharing juga.
    Trims infonya ya...
    Oh ya sekedar info aja nih, bagi yang membutuhkan Jasa Sewa Genset Syncronize Tangerang untuk keperluan berbagai acara seperti pameran, workshop, meeting atau lainnya bisa coba hubungi kami Arthur Teknik.

    Makasih min,
    Salam blogger ya.

    ReplyDelete