Friday, May 16, 2014

Fakta dan Kebiasaan Unik Kuda

gambar : blog-senirupa.blogspot.com



Kuda merupakan salah satu hewan vertebrata yang tentunya sudah tidak asing lagi di telinga kita. Hewan ini sangat kuat dan sangat cepat dalam berlari dan karena itu banyak dimanfaatkan tenaganya sebagai hewan tunggangan, hewan perang, hewan penarik kereta dan sebagainya. Tapi tahukan kamu dalam kehidupan kuda ternyata ada beberapa kebiasaan unik yang tidak dimiliki oleh hewan lain. Lalu apa sajakah kebiasaan unik kuda ini? Berikut ini adalah beberapa kebiasaan unik kuda… langsung aja baca kawan !

Kuda Dapat Tidur Dengan Berdiri.
Keunikan kuda yang tidak dimiliki oleh hewan manapun ialah kuda dapat tidur dengan berdiri. Mungkin akan timbul pertanyaan “Bagaimana bisa? Apakah kuda tidak pegal? Kenapa ia tidak jatuh? “. Jika kita lihat dan perhatikan hampir semua hewan tidur dengan duduk atau berbaring. Kuda memiliki tulang kaki yang mampu mengunci selama ia tidur. Karena tulang kakinya ini maka kuda tidak akan terjatuh walaupun tidur dengan posisi berdiri. Kunci perilaku kuda yang unik ini banyak bertumpu pada kakinya. Selain itu kuda juga dapat mengangkat beban yang berat. Kuda dapat berlari cepat karena postur kakinya yang tepat. Kuda tidak memiliki tulang selangka sehingga memungkinkan kuda untuk melangkah sangat lebar. Terdapat sistem atau mekanisme pada tulang dan otot kaki kuda. Mekanismenya mirip dengan gigi porsneling mobil. Ketika mobil dialihkan ke porsneling yang tinggi maka kecepatan lajunya akan semakin cepat. Begitu juga dengan kuda, yang mana jumlah tenaga yang dikeluarkan oleh kuda akan menurun ketika mereka sedang berlari. Oleh karena itu, kuda memiliki kemampuan berlari yang sangat cepat.

Kuda Tidak Dapat Melihat Benda yang Ada di Depannya

Kuda diketahui juga memiliki pandangan yang luas. Mata kuda adalah mata berukuran paling besar dibandingkan dengan seluruh mamalia darat. Luas bidang yang masuk dalam jangkauan pandangan kuda lebih dari 35 derajat. Namun, perlu anda ketahui pula bahwa kuda memiliki 2 buah titik buta yang terletak tepat di hadapannya dan di belakang kepalanya. Oleh karena itu, kuda tidak dapat melihat benda yang berada persis di depannya. Kuda juga buta terhadap warna merah. 

Susu Kuda Banyak Dijadikan Minuman Penambah Energi

Banyak masyarakat kita meyakini bahwa susu kuda terutama susu kuda liar dapat menambah stamina dan energi khususnya untuk pria dewasa, saya pribadi sebernanya belum tahu benar tentang ini karena keterbatasan saya (kurang punya waktu sama kurang punya banyak quota hehe) sehingga saya belum melakukan penelitian dan pencarian lebih lanjut (haha bahasanya kayak orang akademisi) dan juga saya belum pernah nyobain susu kuda ini. Tapi, kepercayaan ini sepertinya sudah menyebar di kalangan masyarakat Indonesia kini.

Kuda Banyak Diternakan Tapi Tidak Banyak Dikonsumsi

Kuda ini sebenarnya banyak diternakan dibeberapa negara didunia, tapi peternakan ini berbeda dengan peternakan ayam maupun sapi yang diternakan dengan tujuan konsumsi. Biasanya kuda diternakan untuk dijual sebagai hewan tunggangan atau penderek karena kekuatan dan kecepatannya yang harganya bisa sangat mahal, sama halnya peternakan domba di negara Australia dan lainnya yang bertujuan hanya untuk mengambil rambut ditubuhnya (ingat rambut bukan bulu karena semua hewan melahirkan atau mamalia itu berambut bukan berbulu, bulu hanya dimiliki oleh golongan aves atau unggas). Tapi dalam dunia kuliner kita jarang sekali mendengar daging kuda sebagai makanan, pernah dengar sate kuda, sop kuda, mie kuda, kuda goreng, gulai kuda? Kalau saya belum pernah tapi kayanya enak kali ya hehe :P

Kuda Banyak Digunakan Sebagai Hewan Militer
Kalian pernah nonton film atau dengar cerita tentang perang pada abad pertengahan atau sebelum itu seperti pada masa kerajaan Romawi, Yunani, Majapahit, Padjadjaran dan bahkan pada zaman Rosulullah SAW? Ya, semua kendaraan yang dipakai dalam perang itu adalah kuda. “Kenapa kuda? Kenapa ga pakai sapi, kerbau atau unta aja?” Ya orang-orang dalam perang juga mikir keless (sorry alay) ga mungkin juga mereka pakai sapi, kerbau atau unta, meskipun mereka hewan yang kuat juga tapi mereka lambat yang ada musuh keburu nyerang. Berbeda dengan kuda, sebagaimana yang kita bahas sebelumnya diatas kuda memiliki kaki yang sempurna dengan posturnya sehingga mereka dapat berlari lebih kencang dan kuat.

Nah, itulah sedikit fakta dan kebiasaan unik tentang kuda semoga bermanfaat :)

1 comment:

  1. QQTAIPAN .ORG | QQTAIPAN .NET | TAIPANQQ .VEGAS
    -KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda!!
    Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    1 user ID sudah bisa bermain 7 Permainan.
    • BandarQ
    • AduQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker.
    • Sakong
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan

    registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam

    ????
    • WA: +62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61
    • BB : 2B3D83BE
    Come & Join Us!?

    ReplyDelete