Sebenarnya ada banyak cara dalam mempelajari matematika, salah satu caranya adalah dengan menggunakan media pembelajaran, di luar sana ada banyak media-media pembelajaran matematika yang telah dipergunakan dan diciptakan oleh guru-guru kreatif dan inovatif.
contohnya saja adalah alat peraga Loncat Katak yang akan di bahas di sini
alat peraga loncat katak, dokumentasi penulis |
Kegunaan: Melatih
keterampilan dalam melakukan penalaran, penyelesaian masalah (problem solving) dan melatih psikomotorik
Penggunaan:
a.
Susunlah katak-katak
yang terdiri dari dua warna menjadi barisan katak seperti pada gambar.
b.
Pindahkan barisan katak
pada sebelah kiri (berwarna coklat) menempati barisan katak pada sebelah kanan
(berwarna hijau) dan sebaliknya barisan katak pada sebelah kanan (berwarna
hijau) menempati barisan katak sebelah kiri (berwarna coklat).
c.
Ketentuan dalam
melakukan permainan ini adalah:
1. Katak
tidak boleh berjalan mundur (karena itu pada saat seluruh katak telah berpindah
tempat maka posisi kedua kelompok katak tersebut saling membelakangi).
2. Setiap
kali memindahkan katak hanya boleh dengan dua pemindahan berikut:
a) Meloncat
satu tempat ke depan, atau
b) Melompat
melewati satu katak di depannya.
Saran untuk
pembelajaran
·
Pertama-tama diminta
yuntuk sekedar dapat memindahkan masing-masing1 katak (sepasang katak). Setelah
berhasil, baru memindahkan masing-masing 2 katak, 3 katak, 4 katak, dan
akhirnya 5 katak.
Bimbing
siswa untuk tidak sekedar melangkah, tapi disertai penalaran (mengapa ia harus
memindahkan katak tersebut? Bagaimana katak yang lain dapat melangkah? Dan
sebagainya.)
Setelah
dapat dengan mudah memindahkan katak-katak tersebut, lanjutkan dengan penanyaan
berapa minimal perpindahan katak yang diperlukan untuk masing-masing 1 katak, 2
katak, hingga 5 katak? Isilah pada tabel seperti di bawah ini.
Banyaknya pasangan katak
|
Banyak langkah perpindahan (minimum)
|
1 pasang
|
3
|
2 pasang
|
8
|
3 pasang
|
15
|
4 pasang
|
24
|
5 pasang
|
35
|
...
|
...
|
n pasang
|
n2 + 2n
|
Bagi
kalian yang berbakat, pertanyaan dapat dilanjutkan untuk mecermati pola
bilangan yang menunjukkan jumlah minial perpindahan katak. Dan sangat membantu
dalam analisa tersebut bila menghitung jumlah meloncat (ke depan) dengan jumlah
melompat (melewati satu katak) dihitung sendir-sendiri.
Banyaknya pasangan katak
|
Banyak locat ke depan (tanpa melewati
katak lain)
|
Banyak lompatan (melewati satu katak
lain)
|
Banyak langkah perpindahan (minimum)
|
1 pasang
|
2
|
1
|
3
|
2 pasang
|
4
|
4
|
8
|
3 pasang
|
6
|
9
|
15
|
4 pasang
|
8
|
16
|
24
|
5 pasang
|
10
|
25
|
35
|
...
|
...
|
|
...
|
n pasang
|
2n
|
n2
|
n2 + 2n
|
No comments:
Post a Comment