Saturday, April 9, 2016

Media Pembelajaran Matematika: Loncat Katak



Sebenarnya ada banyak cara dalam mempelajari  matematika, salah satu caranya adalah dengan menggunakan media pembelajaran, di luar sana ada banyak media-media pembelajaran matematika yang telah dipergunakan dan diciptakan oleh guru-guru kreatif dan inovatif.
contohnya saja adalah alat peraga Loncat Katak yang akan di bahas di sini

alat peraga loncat katak, dokumentasi penulis


Kegunaan: Melatih keterampilan dalam melakukan penalaran, penyelesaian masalah                             (problem solving) dan melatih psikomotorik
Penggunaan:
a.       Susunlah katak-katak yang terdiri dari dua warna menjadi barisan katak seperti pada gambar.
b.      Pindahkan barisan katak pada sebelah kiri (berwarna coklat) menempati barisan katak pada sebelah kanan (berwarna hijau) dan sebaliknya barisan katak pada sebelah kanan (berwarna hijau) menempati barisan katak sebelah kiri (berwarna coklat).
c.       Ketentuan dalam melakukan permainan ini adalah:
1.      Katak tidak boleh berjalan mundur (karena itu pada saat seluruh katak telah berpindah tempat maka posisi kedua kelompok katak tersebut saling membelakangi).
2.      Setiap kali memindahkan katak hanya boleh dengan dua pemindahan berikut:
a)      Meloncat satu tempat ke depan, atau
b)      Melompat melewati satu katak di depannya.
Saran untuk pembelajaran
·         Pertama-tama diminta yuntuk sekedar dapat memindahkan masing-masing1 katak (sepasang katak). Setelah berhasil, baru memindahkan masing-masing 2 katak, 3 katak, 4 katak, dan akhirnya 5 katak.
Bimbing siswa untuk tidak sekedar melangkah, tapi disertai penalaran (mengapa ia harus memindahkan katak tersebut? Bagaimana katak yang lain dapat melangkah? Dan sebagainya.)
Setelah dapat dengan mudah memindahkan katak-katak tersebut, lanjutkan dengan penanyaan berapa minimal perpindahan katak yang diperlukan untuk masing-masing 1 katak, 2 katak, hingga 5 katak? Isilah pada tabel seperti di bawah ini.


Banyaknya pasangan katak
Banyak langkah perpindahan (minimum)
1 pasang
3
2 pasang
8
3 pasang
15
4 pasang
24
5 pasang
35
...
...
n pasang
n2 + 2n


Bagi kalian yang berbakat, pertanyaan dapat dilanjutkan untuk mecermati pola bilangan yang menunjukkan jumlah minial perpindahan katak. Dan sangat membantu dalam analisa tersebut bila menghitung jumlah meloncat (ke depan) dengan jumlah melompat (melewati satu katak) dihitung sendir-sendiri.
Banyaknya pasangan katak
Banyak locat ke depan (tanpa melewati katak lain)
Banyak lompatan (melewati satu katak lain)
Banyak langkah perpindahan (minimum)
1 pasang
2
1
3
2 pasang
4
4
8
3 pasang
6
9
15
4 pasang
8
16
24
5 pasang
10
25
35
...
...

...
n pasang
2n
n2
n2 + 2n
 

No comments:

Post a Comment