Saturday, October 19, 2013

Macam Apa Penyimpangan Sosial?

Setiap kelompok masyarakat didunia pasti memiliki nilai-nilai dan norma-norma yang berlaku untuk mengatur kehidupan masyarakat itu sendiri dan sebagai pegangan hidupnya.
Nilai-nilai tersebut lahir dari kebiasaan masyarakat sekitar dan kemudian tumbuh berkembang menjadi norma, tapi sayangnya pengaruh globalisasi mempengaruhi nilai-nilai dan norma tersebut. contohnya saja kita lihat negeri kita ini... dulu laki-laki dan perempuan yang bukan muhrim kalau
jalan bareng aja banyak dicemooh masyarakat apalagi sampai pegengan tangan mungkin udah disuruh kawin kali mereka sama warga.
Ada banyak pen-judge-an atau hukuman bagi orang-orang yang melanggar nilai dan norma tersebut mulai dari cemoohan dari masyarakat, dibully warga, sampai dikucilkan dan hukuman penjara.
Sering kali kita banyak melihat berbagai macam dan bentuk penyimpangan sosial ada. Berikut saya akan sampaikan beberapa penyimpangan sosial yang banyak terjadi di masyarakat.

1. Penyimpangan sosial tindak kejahatan
Adalah penyimpangan  atau pelanggaran terhadap norma hukum yang dilakukan sehingga biasanya hal ini menimbulkan korban baik itu korban seseorang maupun sekelompok orang. Pelanggar norma ini biasanya langsung diurusi oleh pihak-pihak penegak hukum.
penyimpangan sosial dalam bentuk kejahatan ini dapat berupa pembunuhan, pemerasan, pemerkosaan, perampokan, korupsi, dan penyalah gunaan wewenang dalam pemerintahan.

2. Penyimpangan sosial tindak seksual
 Adalah penyimpangan yang terjadi dalam konteks seksual. konteks seksual ini adalah pemahaman tentang tindakan seksual yang dilakukan individu bertentangan dengan norma dan nilai yang dianut masyarakat setempat, seperti perzinahan, homoseksual, lesbian, phidophilia, dll.
3.Penyimpangan sosial dalam bentuk gaya hidup
adalah penyimpangan sosial yang dilakukan oleh seseorang/sekelompok orang dalam bentuk gaya hidup dan kebiasaan sehari-hari mereka yang kontradiksi atau bertentangan dengan warga masyarakat. misalnya, hidup terlalu glamor, konsumerisme, penjudi, pemabuk, tukan kawin, playboy, playgirs, dll.

Itu lah beberapa bentuk-bentuk penyimpangan sosial semoga artikel ini membantu :)

No comments:

Post a Comment