Wednesday, May 7, 2014

Tidur Setelah Melahirkan Bikin Buta?

gambar : detikHealth (Thinkstock)
Jakarta, Beberapa orang meyakini setelah seorang ibu tidak boleh langsung tidur setelah melahirkan. Jika dilanggar, pantangan ini bisa membuat mata menjadi buta. Benarkah demikian?

Menurut mereka yang meyakini, tidur setelah melahirkan bisa membuat sel-sel darah putih naik ke kepala. Jika sampai ke mata, sel-sel tersebut akan merusak kemampuan mata untuk melihat. Dampak paling buruk yang dikhawatirkan adalah hilangnya penglihatan.


Namun anggapan itu dibantah oleh dokter kandungan dari RS Brawijaya, dr Prima Progestian, SpOG. Sebaliknya, dr Prima justru menganjurkan ibu yang baru melahirkan untuk banyak beristirahat. Jika ada kesempatan untuk tidur, mutlak harus dimanfaatkan.

"Malah harus tidur cukup. Dalam 3-4 bulan pertama malah begadang terus ibunya, karena bayi kan belum bisa mengatur pola tidurnya," kata dr Prima kepada detikHealth, seperti ditulis pada Rabu (7/5/2014).

Soal naiknya sel-sel darah putih, disebut dr Prima sebagai mitos belaka. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan saat ibu yang beru melahirkan langsung tidur. Lagipula, sel-sel darah putih adalah bagian dari sistem kekebalan tubuh yang justru dibutuhkan.

Daripada mempermasalahkan tidur, dr Prima lebih menekankan pentingnya menjaga kesehatan. Agar ibu yang baru melahirkan senantiasa sehat, dr Prima berpesan untuk tidak lupa menjaga pola makan. Perbanyak makan daging, juga hati dan sayuran, karena protein di dalamnya dibutuhkan untuk bisa menyusui.

"Harus olahraga juga, jangan lupa," pesan dr Prima.

Sumber Berita : DetikHealth

No comments:

Post a Comment