Wednesday, February 25, 2015

Menurunkan Rumus Segitiga Melalui Pembuktian Dengan Peragaan (Model 1)

Waktu kemarin saya sedang kuliah ada praktik tentang kapita selekta matematika pendidikan dasar. Praktiknya lumayan menyibukan sih karena habis ini pasti harus buat laporan tentang kegiatan praktikumnya, dan itu yang membuatku malas “ -,-“ tapi bagaimana pun juga saya harus tetap berusaha‼‼ dan akhirnya laporan itu berhasil dikirim juga.
Untuk itu saya akan membagikan sedikit hasil laporan saya dan kelompok saya disini, mungkin sebagian teman ada yang mengalami nasib yang sama… hehe langsung aja Pembuktian Rumus Segitiga dengan Peragaan (untuk model 2 baca disini).. teman-teman juga bisa membuat peragaannya di rumah yang dibutuhkan hanya kertas berpetak, pensil, penggaris, gunting.



1. Pertama, gambarlah sebuah segitiga sembarang dengan ukuran alas dan tinggi sembarang pada kertas berpetak. (lihat gambar: alas 5 petak dan tinggi 4 petak)

2. Setelah itu potong menurut sisi-sisinya! Dan tentukan mana sisi alas dan tingginya.


3. Lalu potong segitiga menurut garis setengah tinggi.


setelah dipotong menjadi garis setengah tinggi maka akan terbentuk dua bangun datar yaitu trapesium dan segitiga kecil (lihat gambar)

4.  Pada bangun segitiga kecil potonglah menurut garis tinggi


5. kumpulkan potongan-potongan tersebut menjadi persegi panjang!



6. bentuklah kumpulan potongan tersebut menjadi bentuk persegi panjang.

Setelah di susun lihatlah ternyata luas segitiga = luas persegi panjang
Sehingga 1 persegi panjang = ½ tinggi segitiga (setelah di gunting) dan panjang persegi panjang = alas trapesium = alas segitiga.
Kesimpulannya
Jadi, luas satu buah segitiga dapat membentuk sebuah persegi panjang dimana tinggi persegi panjang = ½ tinggi segitiga dan lebar persegi panjang = alas segitiga. Maka:
Luas segitiga     = luas persegi panjang
                                = p x l
                                = ½ t x a
                                = ½ a x t

No comments:

Post a Comment